MURJI'AH
·
Arja’a
– Yurja’u – Irja’an / Penangguhan/ menunda (al-A’raf: 111)
·
Dipopulerkan
oleh Ghailan al-Dimasyqi – abad 1 H
·
Tokoh
abad pertama: Abu Hasan ash-Sholihi, Yunus bin an-Namiri, Ubaid al-Muktaib,
Bisyar al-Marisi, Muhammad bin Karam
·
Tsabit
bin Quthanah Penyair Murjiah
terkenal dimasa Dinasti Umayyah
·
Menolak
menghukumi pelaku dosa besar seperti yang dilakukan oleh yang lain:
1)
Syiah – mengkafirkan
orang yang merebut Posisi Ali
2)
Khawarij – mengkafirkan
pelaku tahkim
3)
Pengikut Mu’awiyah –
Ali terlibat dalam Pembunuhan Utsman
4)
Pengkiut Ali – yang terlibat
dalam perang jamal salah
·
Doktrin
1)
Iman
tidak terganggu karena maksiat dan Kufur tidak berpengaruh karena ketaatan.
2)
Iman
itu di Hati dan lisan bukan Amal
3)
Pelaku
dosa besar hukumnya di tangguhkan
4)
Memberi
pengharapan pelaku dosa besar untuk pengampunan
·
Sekte-sekte
Murjiah
1)
Moderat
·
Tokoh:
al-Hasan bin Muhammad bin Ali bin Abi Ṭālib, Abu Hanifah, Abu Yusuf
·
Pelaku
dosa besar tidak kafir dan tidak kekal di neraka
·
Ada
kemungkinan diampuni atau disiksa di neraka untuk memebersihkan dosa
·
Pelaku
dosa besar hukumnya diserahkan pada Allah
2)
Ekstrem
·
Al-Jahmiyah – Jahm ibn Shafwan – Iman itu di Hati - Surga dan Neraka
tidak abadi – yang abadi hanya Allah.
·
Al-Shalihiyah – Abu Hasan al-Shalihi – Iman adalah ma’rifat kepada Allah
Kufur sebaliknya – Iman dan Kufur tidak bertambah dan tidak berkurang – yang
disebut ibadah hanya mengenal Allah
·
Al-Yunusiah
– Yunus bin al-Namiri – Iman adalah totalitas mengenal
tuhan, tidak sombong/takabur dan rendah hati, kufir sebaliknya – iblis disebut
kufur karena takabur – maksiat tidak merusak iman
·
Al-Ghasaniyah
– Iman bias bertambah tidak bias berkurang – orang yang mengatakan
“saya tahu Allah mengharamkan babi, tapi saya tidak tahu babi itu adalah
kambing ini” maka orang itu tetap mukmin.
·
Al-Ubaidiyah
– Ubaid al-Mukta’ib – perbuatan jahat banyak atau sedikit
tidak mempengaruhi Iman
·
Al-Ghailaniyah
– Ghailan al-Dimasyqi – Iman adalah mengenal Allah melalui
akal
·
Al-Saubaniyah
– Abu Sauban – iman adalah menegtahui dan mengakui apa yang
wajib menurut akal – kewajiban dapat diketahui sebelum syariat datang
·
Al-Marisiyah
– Bisyar al-Marisi – imam keyakinan hati dan ucapan lisan –
kufur sebaliknya
·
Al-Karramiyah
– Muhammad ibn Karram – Iman pengakuan lisan – kufur
pengingkaran lisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar